Mudahnya membuat Visa Schengen Perancis

Saya belum pernah pergi ke Perancis, atau bahkan Eropa sekalipun. Jadi bisa dibilang saya belum ada pengalaman dalam hal pengajuan aplikasi visa Schengen. Tapi, kalau ada yang mau mengajak saya pergi ke Eropa gratis, pasti akan saya terima dengan tangan terbuka hehehe :D

Strasbourg, France - www.qmsu.org


Tetapi karena pekerjaan saya menuntut pemahaman tentang semua hal-hal itu dan banyak calon pelamar visa yang masih memberikan dokumen yang kurang sesuai dengan permintaan pihak Kedutaan, maka saya akan coba jelaskan sedikit mengenai cara mudah mengajukan aplikasi visa Schengen, dalam hal ini saya hanya membahas pengajuan visa Schengen dari Kedutaan Perancis ya.

Untuk pengajuan aplikasi visa Schengen via Perancis, kalian bisa mendaftar melalui TLScontact selaku perwakilan resmi untuk mengajukan pembuatan visa; tapi untuk segala proses pembuatan visa tetap dilakukan oleh pihak Kedutaan Perancis di Jakarta. Visa Schengen bisa digunakan untuk keluar-masuk negara-negara di Eropa yang tergabung dalam perjanjian Schengen (UK tidak termasuk ya). Hal ini berlaku apabila kalian mendapat visa multi entry, artinya kalian bisa menggunakannya untuk keluar-masuk suatu negara dalam jangka waktu tertentu. Berbeda dengan visa single entry yang hanya bisa digunakan untuk sekali masuk dan keluar saja. Kalian bisa cek validitas ini pada stiker visa yang nanti di dapat.

Untuk apply dari sini, pastikan dulu bahwa tujuan utama kamu adalah Perancis, bisa dilihat dari negara yang akan ditinggali paling lama ya. Mengajukan visa tidak sulit kok, bahkan sangat mudah untuk dilakukan sendiri. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mendaftar/membuat akun di website TLScontact, validasi email, kemudian login. Isi semua data-data yang diperlukan, bagian ini lah yang menentukan dokumen-dokumen apa saja yang nantinya perlu kamu siapkan, daftar dokumen ini bergantung dari tujuan dan status/ profesi kamu.

Saya akan mengambil contoh untuk orang yang sudah bekerja dan akan pergi berlibur ke Perancis atau wilayah Schengen, maka dokumen-dokumen yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

1. Bukti pemesanan/booking tiket pesawat pulang-pergi dari Indonesia.
    Ingat ya, dari INDONESIA, jadi meskipun rumah kamu di Batam dan akan berangkat via Singapura, kamu perlu melampirkan tiket kapal ferry yang akan kamu pakai.

2  Asuransi.
    Asuransi Perjalanan atau Travel Insurance wajib untuk dibeli. Tetapi banyak yang masih salah dalam hal asuransi ini,. Terutama soal tujuan perjalanan, pihak Kedutaan Perancis mensyaratkan untuk tujuan perjalanan dalam asuransi ditulis secara umum: Schengen, Europe atau Worlwide, tanpa menyebutkan nama negara yang akan dikunjungi. Jadi kalau destination trip di asuransi kalian masih disebutkan nama negara, sebaiknya segera minta endorse atau perbaikan dari pihak asuransi ya.

3. Bukti pemesanan/booking hotel
    Untuk akomodasi, pastikan mencakup semua hari selama berada tinggal di wilayah Schengen. Apabila kamu akan overninght atau menginap di kereta malam, bukti pemesanan tiket juga perlu untuk dilampirkan.
Ketiga dokumen ini adalah yang paling penting dan wajib ada apabila anda akan mengajukan visa Schengen.

Selain itu dibutuhkan juga:
4. Tabungan/rekening pribadi.
    Dibutuhkan copy buku tabungan atau rekening koran yang sudah update selama tiga bulan terakhir. Walaupun kamu akan disponsori oleh pihak lain, rekening pribadi tetap perlu dilampirkan. Deposito/ giro bank tidak berlaku ya, hanya bisa digunakan sebagai lampiran tambahan.

5. Surat kerja
    Harus mencantumkan nama dan posisi kerja saat ini, tujuan perjalanan, dan pernyataan dari kantor bahwa kita akan kembali bekerja di perusahaan tersebut, selain itu juga lebih baik apabila dituliskan dalam bahasa Inggris.

6. Slip Gaji
    Dibutuhkan slip gaji  tiga bulan terakhir. Apabila tidak ada slip gaji, bisa diganti dengan membuat surat keterangan pendapatan per-bulan yang dikeluarkan oleh kantor tempat bekerja.

7. Fotocopy KK
    Copy KK asli (dalam bahasa Indonesia), pihak Kedutaan Perancis tidak terlalu membutuhakan copy KK yang sudah diterjemahkan.

8. Fotocopy paspor
    Bagian depan paspor baru dan paspor lama (kalau ada).

Ingat, setiap orang memerlukan setiap dokumen. Jadi, contohnya apabila kalian akan mendaftar untuk 4 orang, maka kalian membutuhkan 4 copy dokumen masing-masing. Sering kali dalam satu keluarga/kelompok yang terdiri dari beberapa orang, aplikan hanya membawa 1 master dokumen, hal ini akan memperlambat proses dokumentasi karena petugas harus memperbanyak dokumen untuk masing-masing aplikan.

Nah, itu saja sedikit informasi yang bisa saya bagikan, untuk dokumen-dokumen yang diperlukan dengan tujuan perjalanan lain atau informasi-informasi lainnya bisa langsung cek di website mereka. Segala ketentuan dapat berubah sewaktu-waktu, jadi banyak-banyaklah membaca, karena semua informasi yang dibutuhkan sudah tersedia di sana.

Tidak perlu gugup atau takut, hanya akan ada sedikit tanya jawab (apabila dibutuhkan) dengan pihak TLScontact dan tidak ada wawancara dengan pihak Kedutaan kok, visa akan dikeluarkan atau tidak bergantung dari dokumen yang kamu diberikan. Jadi apabila semuanya sudah lengkap dan benar, maka kamu bisa menunggu proses visa-nya dengan tenang. :)

Yuk! Saya juga mau ke Eropa.





Comments

  1. hi, apakah asuransi jiwa bisa digunakan untuk apply visa schengen? atau hanya asuransi perjalanan saja yang di terima?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, hanya asuransi perjalanan saja yang bisa diterima

      Delete
  2. Mbak, orang tua saya sudah seminggu lebih kok masih proses ya? Padahal kalau lihat di halaman TLS nya cuma butuh 48 jam.

    Kalau waktu itu mbak berapa lama?

    Terimakasih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, sorry baru buka blog lagi.
      Gimana, udah selesai visanya?
      proses 48 jam kerja itu gak mutlak untuk semua, mungkin ada beberapa dokumen yg perlu untuk diperiksa pihak kedutaan lebih lanjut, atau memang saat ini (walaupun blm masuk summer) Perancis sedang banyak menerima aplikasi visa, jadi ya memang banyak yg molor. Rata2 sih 5-10 hari kerja klo sekarang.

      Delete

Post a Comment